Tentang Kami

MENGENAL KAMI :

PROGRAM DESA TANGGUH – SLAMET RAHARJO

A. DEFINISI PROGRAM DESA TANGGUH YP2SU

PDT adalah singkatan dari Program Desa Tangguh, merupakan Program dari SCDRR-UNDP yang bekerjasama dengan LSM YP2SU untuk melakukan Program Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) di dua Lokasi, yaitu Wonolelo dan Mulyodadi.

B. TUJUAN PROGRAM:

Program ini Bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas Masyarakat Serta Mengurangi Kerentanan Masyarakat dalam menghadapi Ancaman Bencana.

C. AKTIVITAS-AKTIVITAS DALAM PROGRAM:


Untuk Mencapai Tujuan Tersebut, maka aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan oleh YP2SU di Desa Wonolelo dan Mulyodadi diantaranya adalah ;

– Pembentukan Forum PRB (Pengurangan Resiko Bencana) di dua Desa.

Dalam membentuk Forum PRB, maka dilakukan beberapa tindakan sebagaimana telah dilakukan oleh Tim YP2SU, yaitu melakukan sosialisasi Program Terlebih dahulu, serta dilanjutkan dengan mengadakan beberapa kali Workshop terhadap berbagai stakeholders (pihak-pihak yang terlibat), seperti Pamong, Tokoh Masyarakat, Kelompok Petani, Tokoh Pemuda, untuk bersama-sama melakukan kajian bersama tentang Risiko Bencana yang terjadi di Desa, serta mengajak memikirkan tindakan-tindakan apa untuk mengurangi resiko bencana, apabila ancaman bencana datang.

– Melakukan Edukasi Tentang Bencana Terhadap Kelompok Rentan

Kelompok Rentan merupakan Kelompok Sasaran Utama dalam Program ini. Kelompok Rentan terdiri dari; Petani Miskin, Perempuan, Anak-anak, dan Kaum Diffable. Dengan melakukan pemberdayaan bagi kelompok lemah, maka diharapkan mereka dapat menguatkan posisi mereka di tingkat desa dan di sisi lain, mereka menjadi terberdayakan terutama di bidang Pengurangan Resiko Bencana.

– Advokasi PRB (Pengurangan Resiko Bencana)

Yang dimaksud dengan Kegiatan Advokasi PRB adalah usaha-usaha yang ditempuh oleh Tim Program Desa Tangguh, agar kebijakan PRB (Pengurangan Resiko Bencana) ditetapkan melalui Kebijakan Publik.

Untuk Memasukkan PRB ke dalam Kebijakan Publik, maka ditempuh dengan mengusulkan Pembangunan yang berdasarkan pada Penanggulangan Bencana pada Musyawarah Rencana Pembangunan dari tingkat dukuh sampai tingkat Daerah.

Selain itu juga berusaha menjalin koordinasi dengan stakesholders di luar desa, seperti dinas ataupun pihak Kecamatan, agar PRB tidak hanya dijalankan oleh kehendak masyarakat sendiri, melainkan didukung penuh oleh pemerintah.

– Kampanye PRB

Kampanye bertujuan untuk melakukan sosialisasi missal tentang pentingnya PRB (Pengurangan Resiko Bencana). Kampanye Massal, dalam aktivitas yang dilakukan oleh Tim YP2SU yaitu melalui kegiatan-kegiatan Agama dan Budaya, sehingga kegiatan itu diharapkan tumbuh berkembangnya budaya yang tanggap terhadap Bencana.

– Pelatihan Video Komunitas

Pelatihan Video Komunitas diharapkan para pemuda desa mempunyai Skill dalam pengolahan data berbasis pada Pengambilan Gambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: